Hosting Unlimited Indonesia

Curug ke-3 : Ciherang dan Tanjakan Super Ngehe

Journey Kita kali ini adalah rangkaian kegiatan gowes wisata XPDC-100Curug, dari 100 tapi baru 3, masih banyak banget ya sisanya. Tapi ga masalah, toh orang menghitung memang kan selalu mulainya dari 1.

Curug ke-3 ini adalah Curug Ciherang, berada di desa Warga Jaya - Kecamatan Suka Makmur - Bogor. Kalau dihitung total jarak tempuh dari rumah dikisaran 66 km atau kali 2 untuk pp, 132 km. Yang istimewa Saya dan tim  Curug Hunter melakukan perjalanannya pada hari kerja, Selasa 8 September kemarin.

akhirnya ... sampai di tanjakan terakhir sebelum curug ciherang

Debit air Curug Ciherang saat ini, meskipun di tengah musim kemarau masih lumayan besar. Meskipun tidak sederas sekitar bulan Juli saat Saya survey naik motor ke sana. Tapi masih lebih deras dari pada Curug Cigamea yang hanya seperti kucuran air di pancuran di rumah.

Viewnya juga keren, di pertigaan yang ada tiang tulisan selamat datang naik sedikit ke atas Kita akan disuguhi pemandangan lembah dan trek jalan yang baru dilewati meliuk, dengan latar belakang Gunung Batu, cool dah pokoknya!

hampir sampai coy, 800 meter lagi ..

teman ga ninggalin teman ...

Hanya saja bro, .. tanjakannya sadis banget, Super Ngehe ! Sebenarnya perjalanan sudah mencapai 90% atau disekitar km 55 dari rumah termasuk cepat. Jam 11 Kami sudah memasuki desa Suka Makmur. Berarti harusnya sudah tinggal menuju desa Warga Jaya dan itu tidak sampai 10 km. Tapi apa yang terjadi, Kami memerlukan hampir 4 jam untuk menaklukan tanjakan-tanjakan di 10 km terakhir.

Sudah seperti mau copot jantung dan dengkul, di tanjakan-tanjakan itu bahkan Saya hanya mampu mengayuh pedal  50 kali harus berhenti untuk mengambil nafas, sadis.

tanjakannya bikin dengkul ngebul, bau sangit !

Terik panas matahari membuat Kami cepat lelah, sudah tidak terhitung berapa botol air mineral yang Kami habiskan. Tapi untungnya Kami punya Tim Curug Hunter yang pantang balik kanan sebelum sampai tujuan. TTB pun kami rela lakukan demi bisa njebur di air Curug, hehehhehehe ..

Akhirnya skitaran jam 3 sore, Kami mencapai tujuan Kami Curug Ciherang. Asrinya pemandangan di Curug dan dinginnya air membayar usaha keras Kami sampai dengkul bau sangit untuk sampai di Curug Ciherang full gowes.

elok ...

curug kembar, eloknya ...

om choir in action ...

Angkat terus om ... bawa sampe curug

om farid mandi di kolam paling bawah, kami mandi di curug (atas) dan kami kencing disana ...

tim curug hunter edisi ciherang Om echo, om ade, saya, om Farid, om Choir, dan om Nana ..dari kiri ke kanan

Perjalanan ke Curug full gowes memang seperti tobat sambel. Meskipun susah payah dan berpikir menyerah justru itu yang membuat Kami Tim Curug Hunter merasa semakin penasaran memburu curug yang lain.

Tim pulang jam 5 sore, seperti biasa. Kami mengutamakan keselamatan, karena hampir sama semua tipikal curug dimana titik-titik terakhir perjalanan berangkat adalah full tanjakan atau titik awal kepulangan adalah full turunan. Kami membutuhkan bantuan cahaya matahari agar pandangan mata kami maksimal melahap turunan yang extra cepat. Pulang yuk ah .. sampai jumpa diartikel mengenai the next curug !