Hosting Unlimited Indonesia

Rute Ke Curug Ciherang Via Jonggol

Ciherang adalah nama sebuah Curug di Kabupaten Bogor, tepatnya berada di Desa Warga Jaya - Kecamatan Sukamakmur - Kabupaten Bogor. Terletak diketinggian 900 mdpl, berjarak sekitar 65 km dari Bekasi.

Tanggal 8 September 2015, tepatnya hari Selasa ... Tim Curug Hunter yang kali ini formasi 6 orang. 2 orang datang dari Setu dan 4 lainnya dari Kranji bertemu di tikum Giant Metland Transyogi jam 8 pagi.

Setelah mengisi bekal di pom bensin Mekar Sari, kebetulan di area itu ada Alfamart dan warung nasi uduk ya, bukan bekal bensin. Kan kita gowes, perjalanan efektif dimulai sekitar jam 9 pagi. Dari Cileungsi Kami mengarah ke arah Jonggol lewat pertigaan Cibucil. Terus break pertama di Alun-alun Kota jonggal.

Dari Alun-alun Jonggol ini, kami belok  kanan di pertigaan menuju Sukamakmur. Sebagai patokan, ada plang jalan cukup jelas tertanam disebelum pertigaan jonggol Sukamakmur, jika lurus Kita akan mengarah ke Cariu.

Jalan Jonggol - Sukamakmur relatif mudah dilalui, hanya jalanan lurus yang panjang tanpa ada banyak belokan yang bisa membuat kita bingung. Jalannya pun didominasi jalan beton halus dan aspal, hanya dibeberapa titik saja aspal rusak. Jalannya sedikit demi sedikit naik, tapi landai saja.

2 jam Kami sudah tiba di pertigaan Sukamakmur, Kiri ke arah Ciherang/Gunung Batu kalau serong kanan  ke arah Citeurep/Cibinong. Juga cukup jelas di pertigaan itu ada plang jalan yang menunjukan petunjuk arah.

Trek tanjakan sesungguhnya berada di 6 km terakhir, setelah melewati kantor Kecamatan Sukamakmur, tanjakan ngehe sudah mulai menyambut. Tanjakan panjang dan terjal pertama adalah tanjakan BTS, dinamai seperti itu. Terus ada tanjakan vila, dan terakhir jika Anda sudah memasuki tanjakan yang dikanan-kiri terdapat tembok pembatas jalan berarti Anda sudah hampir sampai.

Tapi jangan senang dulu, tanjakan terakhir ini dinamai tanjakan tembok ratapan mampu membuat nafas Anda meratap, Saya harus berhenti setiap 50 gowesan untuk ambil nafas. Bahkan sempat TTB karena memang sangat menyiksa di meter-meter terakhir.

Melibas 6 km dari kontur tanah 400 mdpl sampai 900 mdpl sudah bisa dibayangkan tanjakannnya seperti apa. Kami memerlukan waktu sekitar 3 jam hanya untuk 6 km tapi memang dipenuhi tanjakan. Sadis, Super Ngehe !!!

Akan ada plang selamat datang di Curug Ciherang, selamat Anda sudah sampai ! Anda hanya perlu menyusuri jalan makadam sekitar 800 meter untuk sampai di Curug. Oya, tempat indah yang lain ada Gunung Batu, Curug Cipamingkis di sekitar Curug Ciherang. Bolehlah sekalian mampir kesana jika Nafas masih kuat  dan waktunya masih cukup.

1. wahh, ketemu tanjakan super ngehe lagi :D

jadi ingat waktu aku dan Ranz gows ke Candi Cetho dari Solo, jaraknya mungkin sekitar 50 km, tanjakan super ngehe-nya 5 km terakhir, Solo itu rendah, Candi Cetho terletak di ketinggian 1400 m dpl, sudah lupa untuk gowes 5 km terakhir itu kita butuh waktu berapa jam. yang teringat waktu itu kita digodain hujan, angin kencang sehingga menghasilkan hawa dingin, aku tetap mengenakan mantel meski hujan telah berhenti, demi menahan hawa dingin :)

waktu gows ke Candi Cetho ini aku naik mtb polygon cleo, gear depan 3, gear belakang 8, Ranz tetap naik seli dahon da bike single speed :D dengkulnya memang XTR .. hahahahah

1. tanjakan super ngehe memang sanggup bikin denkul gemeter .. sama nafas meratap .. spt nama tanjakan terakhir di rute ini.. tanjakan tembok ratapan.. hehehe

2. Sekarang sudah rameeeee bangeeett... ampe mau jalan aja susah....

1. gitu yah .. udah lama juga ga kesana.. berarti sukses ya promosiin curug ini .. jiah ..

2. Sukses, karena di Jakarta minim Wisata Alam :D

3. hy, mau nnya donk kak.. sampai curug jlnan bisa dilewati mobil gak ya? klo tanjakannya mobil 1000cc sanggup gak tuh naiknya apa jd ngeden tuh mobil ya :)) mksh..

4. bisa mba.. jalannya aspal bisa sampai gerbang curug, hanya saja mesti berhati2 .. beberapa tanjakan sangat terjal

3. Salam dari kamii sunMo gowes.. mohon bimbinganya para suhu gowes... kamu satu team niatnya mau menuju ciherang start darii grandwisata... sunday pagii

4. kereeeeen. gowes terus. hidup gowes yeay

5. Thanks for sharing, nice post!

Tìm hiểu máy đưa võng võng điện cho bé là gì, địa chỉ mua máy đưa võng ở đâu và mua máy đưa võng giá rẻ tốt nhất hay http://www.scoop.it/t/may-dua-vong-tu-dong-ts máy đưa võng ts cho bé với https://www.pinterest.com/anthaisonvn/máy-đưa-võng-tự-động-cho-em-bé/ và chi tiết sản phẩm http://weheartit.com/entry/294841724 giúp bé ngủ ngon.

6. Thanks for sharing, nice post!

Chia sẻ các mẹ kinh nghiệm mua máy đưa võng tốt nhất cho bé hay có nên cho trẻ sơ sinh nằm nôi điện hay tìm hiểu nôi điện có ảnh hưởng đến bé không ảnh hưởng trí não trẻ như thế nào hay trẻ sơ sinh nằm nôi điện có tốt không như thế nào.